Struktur pasar terdiri dari :
- Pasar Persaingan Sempurna
Ciri-ciri pokok dari pasar persaingan sempurna adalah:
ü Jumlah perusahaan dalam pasar sangat banyak.
ü Produk/barang yang diperdagangkan serba sama (homogen).
ü Konsumen memahami sepenuhnya keadaan pasar.
ü Tidak ada hambatan untuk keluar/masuk bagi setiap penjual.
ü Pemerintah tidak campur tangan dalam proses pembentukan harga.
ü Penjual atau produsen hanya berperan sebagai price taker (pengambil harga).
- 2. Pasar Persaingan Tidak Sempurna
- Pasar Monopoli
- hanya ada satu produsen yang menguasai penawaran;
- tidak ada barang substitusi/pengganti yang mirip (close substitute);
- produsen memiliki kekuatan menentukan harga; dan
- tidak ada pengusaha lain yang bisa memasuki pasar tersebut karena ada hambatan berupa keunggulan perusahaan.
1) Ditetapkannya Undang-undang (Monopoli Undang-undang). Atas pertimbangan pemerintah, maka pemerintah dapat memberikan hak pada suatu perusahaan seperti PT. Pos dan Giro, PT. PLN.
2) Hasil pembinaan mutu dan spesifikasi yang tidak dimiliki oleh perusahaan lain, sehingga lama kelamaan timbul kepercayaan masyarakat untuk selalu menggunakan produk tersebut.
3) Hasil cipta atau karya seseorang yang diberikan kepada suatu perusahaan untuk diproduksi, yang kita kenal dengan istilah hak paten atau hak cipta.
4) Sumber daya alam. Perbedaan sumber daya alam menyebabkan suatu produk hanya dikuasai oleh satu daerah tertentu seperti timah dari pulau Bangka.
5) Modal yang besar, berarti mendukung suatu perusahaan untuk lebih mengembangkan dan penguasaan terhadap suatu bidang usaha.
- Pasar Oligopoli
- Terdapat beberapa penjual/produsen yang menguasai pasar.
- Barang yang diperjual-belikan dapat homogen dan dapat pula berbeda corak (differentiated product), seperti air minuman
aqua . - Terdapat hambatan masuk yang cukup kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk masuk ke dalam pasar.
- Satu di antaranya para oligopolis merupakan price leader yaitu penjual yang memiliki/pangsa pasar yang terbesar. Penjual ini memiliki kekuatan yang besar untuk menetapkan harga dan para penjual lainnya harus mengikuti harga tersebut. Contoh dari produk oligopoli: semen, air mineral.
- Pasar Duopoli
- Pasar Monopolistik
Ciri-ciri dari pasar monopolistik adalah:
- Terdapat banyak penjual/produsen yang berkecimpung di pasar.
- Barang yang diperjual-belikan merupakan differentiated product.
- Para penjual memiliki kekuatan monopoli atas barang produknya sendiri.
- Untuk memenangkan persaingan setiap penjual aktif melakukan promosi/iklan.
- Keluar masuk pasar barang/produk relatif lebih mudah.
- Pasar Monopsoni
sumber : http://agungdimas.wordpress.com/category/tugas/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar