Sabtu, 26 Februari 2011

MANUSIA DAN PENDERITAAN

Penderitaan termasuk realitas dunia dan manusia. Intensitas penderitaan manusia bertingkat-tingkat, ada yang berat dan ada juga yang ringan. Namun, peranan individu juga menentukan berat-tidaknya Intensitas penderitaan. Suatu perristiwa yang dianggap penderitaan oleh seseorang, belum tentu merupakan penderitaan bagi orang lain. Dapat pula suatu penderitaan merupakan energi untuk bangkit bagi seseorang, atau sebagai langkah awal untuk mencapai kenikmatan dan kebahagiaan.Semua orang pasti akan merasakan rasanya penderitaan karna itu sudah ditetapkan dalam bagian hidup.
Siksaan dapat diartikan sebagai siksaan badan atau jasmani bahkan juga rohani.Siksaan dapat menimbulkan penderitaan.Siksaan yang sifatnya psikis misalnya kebimbangan,kesepian,dan ketakutan.
a)Kebimbangan akan dialami pada setiap orang yang sangat sulit untuk menentukan keputusan yang sangat kompleks dan terburu - buru.Bagi orang yang lemah pikirannya ,masalah kebimbangan akan lama di alami sehingga itu dapat menimbulkan siksaan yang berkepanjangan tetapi seperti jika seseorang itu cepat dalam menentukan keputusan kebimbangan akan dengan mudah di atasi.
b).Kesepian akan dialami oleh seseorang merupakan rasa sepi dalam dirinya sendiri walaupun dia berada dalam lingkungan keadaan ramai.Kesepian juga merupakan bagian dari salah satu wujud dari siksaan.
c).Ketakutan merupakan bentuk lain yang dapat menyebabkan seseorang mengalami siksaan batin .Pada umumnya manusia memiliki satu atau lebih phobia ringan.Seperti pada kesepian,ketakutan juga dapat timbul dan di alami seseorang walaupun lingkungannya ramai.

Apa yang membuat orang phobia?
kebanyakan phobianya diawali dengan shock emosional atau suatu tekanan pada waktu tertentu.Umumnya ada dua penyebab yang mengakibatkan seseorang menjadi phobia.Ahli-ahli ilmu jiwa berpendapat bahwa phobia adalah suatu gejala dari suatu problema psikologis yang dalam yang harus ditemukan,dihadapi dan ditaklukan sebulum phobianya akan hilang.

Kekalutan mental
Penderitaan batin dalam ilmu psikologi dikenal sebagai kekalutan mental.Ciri-ciri orang yang mempunyai gejala - gejala permulaan bagi seseorang yang mengalami kekalutan mental adalah:
-Nampak pada jasmani sering merasakan pusing,sesak nafas,demam,nyeri pada lambung
-Nampak pada kejiwaannya dengan rasa cemas ,ketakukan,apatis,patah hati,cemburu,dan mudah marah

PENDERITAAN DAN PERJUANGAN
Penderitaan adalah bagian kehidupan manusia yang bersifat kodrati.Manusia itu adalah makhluk yang berbudaya,dengan budayanya itu mengatasi penderitaan yang di alaminya.Pembebasan penderitaan itu pada hakekatnya meneruskan kelangsungan hidup dengan cara berjuang menghadapi hidup dengan tantangan yang berada di sekitarnya.
PENDERITAAN MEDIA MASSA DAN SENIMAN
Dalam dunia modern sekarang ini banyak orang yang menciptakan senjata,bom,nuklir dan perlengkapan senjata yang lainnya,dengan kecanggihan seperti itu dapat menimbulkan penderitaan seandainya terjadi peperangan di suatu Negara,Kota,maupun Daerah.Beberapa sebab lain yang menyebabkan penderitaan manusia ialah bencana alam,banjir,gempa bumi dll.
Media massa merupakan alat yang paling tepat untuk mengkomunikasikan peristiwa-peristiwa penderitaan manusia secara tepat terhadap masyarakat

PENDERITAAN DAN SEBABNYA
Apabila kita kelompokan secara sederhana berdasarkan sebab-sebab timbulnya penderitaan,maka penderitaan dapat diperinci sebagai berikut:
-Pembantu rumah tanggan yang diperkosa,disekap,disiksa oleh majikannya
-Perbuatan buruk orang tua terhadap anaknya yang menganiaya anaknya sendiri sehingga menyebabkan kematian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman

About this blog

Tinggalkan comment anda
terimakasih

Mengenai Saya

Foto saya
my time has run out my time has gone I can not wait any longer because success can not be achieved with silence