Sabtu, 26 Februari 2011

MANUSIA DAN KEINDAHAN

Kata keindahan berasal dari kata indah,artinya bagus,cantik,elok,molek dsb.Benda yang mempunyai sifat indah ialah segala hasil seni, (meskipun tidak semua hasil seni indahl, pemandangari alam (pantai, pegunungan, danau, bunga-bunga di lereng gunung), manusia (wajah, mata, bibir, hidung, rambut, kaki, tubuh), rumah (halaman, ta13nan, perabot rumah tangga dan sebagainya), suara, warna dan sebagainya.Keindahan adalah identik dengan kebenaran.Keindahan juga berisfat universal,artinya tidak terikat oleh selera perorangan.

Sangat sulit untuk menyatakan keindahan.Keindahan itu suatu konsep abstrak yang tidak dapat di nikmati karena tidak jelas dengan kata lain keindahan itu baru dapat dinikmati jika dihubungkan dengan suatu bentuk. Menurut The Liang Gie menjelaskan.bahwa keindahan dalam arti luas mengandung pengertian ide kebaikan. Misalnya Plato menyebut watak yang indah dan hukum yang indah, sedangkan Aristoteles merumuskan keindahan sebagai sesuatu yang baik dan juga menyenangkan.

Dalam pembatasan filsafat kedua pengertian itu kadang di campur adukan.Di samping itu terdapat perbedaan diantarnya:
a).Keindahan dalam arti yang luas,Plato misal menyebutnya tentang watak yang indah dan hukum yang indah,sedangkan Aristoteles menyebutkan merumuskan keindahan sebagai sesuatu yang selain baik juga menyenangkan
Pengertian keindahan yang seluas - luasnya meliputi:
· keindahan seni

· keindahan alam

· keindahan moral

· keindahan intelektual.

b).Keindahan dalam arti estetis murni menyangkut pengalaman estesis dari seseorang dalam hubungannya dengan segala sesuatu yang dicerapnya.Sebagaian filsuf menghubungkan pengertian keindahan dengan ide kesenangan.Jadi keindahan pada dasarnya adalah sejumlah kwalita pokok tertentu yang dapat pada satu hal.
1)Nilai eksektik:
Dalam rangka teori umum tentang nilai The Liang Gie menjelaskan bahwa, pengertian keindahan dianggap sebagai salah satu jenis nilai seperti halnya nilai moral, nilai ekonomi, nilai pendidikan, dan sebagainya. Nilai yang berhubungan dengan segala sesuatu yang tercakup dalam pengertian keindahan disebut nilai estetik. Dalam ”Dictionary of Sociology and Related Science” diberikan rumusan tentang nilai sebagai berikut :
The believed Capacity of any object to saticgy a human desire. The Quality of any object which causes it be of interest to an individual or a group” (Kemampuan yang dianggap ada pada suatu benda yang dapat memuaskan keinginan manusia. Sifat dari suatu benda yang menarik minat seseorang atau suatu kelompok.
Hal itu berarti, bahwa nilai adalah semata-mata adalah realita psikologi yang harus dibedakan secara tegas dari kegunaan, karena terdapat dalam jiwa manusia dan bukan pada hendaknya itu sendiri. Nilai itu (oleh orang) dianggap terdapat pada suatu benda sampai terbukti letak kebenarannya.
2)Kontemplasi dan Ekstansi
Apabila kontemplasi dan ekstansi itu di hubungkan dengan kreativitas maka kontemplasi itu faktor pendorong untuk merasakan menikmati keindahan.
Apa sebab manusia menciptakan keindahan ?
Keindahan pada dasarnya adalah alamiah,Alamiah artinya wajar tidak berlebihan tidak juga kekurangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman

About this blog

Tinggalkan comment anda
terimakasih

Mengenai Saya

Foto saya
my time has run out my time has gone I can not wait any longer because success can not be achieved with silence