Senin, 15 November 2010

HUBUNGAN INDIVIDU,KELUARGA DAN MASYARAKAT A. MAKNA INDIVIDU


Manusia adalah makhluk individu.Makhluk individu berati makhluk yang tidak dapat di bagi-bagi,tidak di pisah-pisahkan antara jiwa dan raganya.
Para ahli psikolog modern menegaskan bahwa manusia itu merupakan kesatuan jiwa raga yang kegiatannya sebagai keseluruhan, sebagai kesatuan.Kegiatan manusia sehari-hari merupakan kegiatan keseluruhan jiwa raganya.bukan kegiatan alat-alat tubuh saja atau bukan hanya aktifitas dari kemampuan-kemampuan jiwa satu persatu terlepas dari pada yang lain.
            Kenyataan kenyataan yang kita dapati dalam kehidupan sehari-hari setiap individu berkembang sejalan dengan ciri-ciri khasnya,walaupn dalam kehidupa lingkungan  yang sama.Contohnya yang sangat tepat adalah anak kembar dua.Dua individu manusia yang berasal dari satu keturunan yang sama.Bersumber dari satu  indung telur,tetapi toh tetap memiliki karakter ramah tamah,periang,dan mudah bergaul dengan teman-teman sebaya dalam lingkungannya.
B.    MAKNA KELUARGA
Keluarga adalah merupakan merupakan kelompok primier yang
 paling penting di dalam masyarakat.Keluarga merupakan sebuah group yang terbentuk dari perhubungan laki-laki dan wanita,perhubungan mana sedikit banyak berlangsung lama untuk menciptakan dan membesarkan anak-anak. Jadi keluarga dalam bentuk yang murni merupakan satu kesatuan sosial ini mempunyai sifat-sifat tertentu yang sama,dimana saja dalam satuan masyarakat manusia.



Di sini sebutkan 5 macam sifat yang  terpenting,yaitu:
1.     Hubungan suami istri
2.     Bentuk perkawinan dimana suami istri itu diadakan dan di pelihara.
3.     Susunan nama-nama dan istilah-istilah termasuk cara menghitung keturunan.
4.     Milik atau harga benda keluarga.
5.     Pada umumnya keluarga itu tempat bersama /rumah bersama
C.Makna masyarakat
Seperti halnya dengan definisi sosiologi yang banyaknya jumlahnya kita dapati pula definisi tentang masyarakat yang juga tidak sedikit.Definisi adalah sekedar alat ringkat untuk memberikan batasan-batasan mengenai sesuatu persoalan / pengertian ditinjau dari pada analisa.Analisa inilah yang memberikan arti yang jernih dan kokoh dari sesuatu pengertian.
Sesungguhnya telah kita bedakan duan pengertian individu tersebut sebagai dua pengertian individu tersebut sebagai dua pengertian yang contras,namun kodratnya manusia itu adalah “makhluk sosial” bukan makhluk individual.Kenyataan ini sesuai dengan rumus Aristoteles :man is by nature a politcal animal.Atau dengan singkat manusia itu adalah zoon politicion.
Setiap program pembangunan desa di maksudkan untuk membantu dan memacu masyarakat desa membangun pelbagai sarana dan prasarana desa yang di perlukan.Langkah ataupun kebijaksanaan yang akan di ambil oleh pemerintah dalam melaksanakan pembangunan perlu diletakan dalam satu kesatuan dengan daerah kota dalam rangka pengembangan wilayah yang terpadu.


SUMBER:Harwantiyoko
                 Neltje F.Katuuk.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman

About this blog

Tinggalkan comment anda
terimakasih

Mengenai Saya

Foto saya
my time has run out my time has gone I can not wait any longer because success can not be achieved with silence