Senin, 24 Oktober 2011

PROSES ORGANISASI

Proses

Proses adalah urutan pelaksanaan atau kejadian yang terjadi secara alami atau didesain, mungkin menggunakan waktu, ruang, keahlian atau sumber daya lainnya, yang menghasilkan suatu hasil. Suatu proses mungkin dikenali oleh perubahan yang diciptakan terhadap sifat-sifat dari satu atau lebih objek di bawah pengaruhnya.

Proses Organisasi

‡ Dua aspek utama struktur organisasi adalah pembagian kerja dan departementalisasi. Pembagian kerjamerupakan pemecahan suatu tugas kerja sehinggasetiap anggota dalam organisasi bertanggungjawab danmelaksanakan seperangkat aktivitas yang terbatas danbukan keseluruhan tugas. Sedangkandepartementalisasi adalah pengelompokkan aktivitaspekerjaan sehingga aktivitas dan hubungan yang serupadan logis dapat diselenggarakan secara serempak.Departemtalisasi mewakili struktur formal suatuorganisasi seperti telah dideskripsikan dalam baganorganisasi.‡ Dalam struktur organisasi, tujuan utama dua aspekpentng diatas adalah untuk memudahkan proseskomunikasi, pengambilan keputusan, evaluasi hasilkerja, ibalan, sosialisasi, dan karier.

Proses Mempengaruhi

Pengertian Pengaruh

Pengaruh adalah kegiatan atau keteladanan yang baik secara langsung atau tidak langsung mengakibatkan suatu perubahan perilaku dan sikap orang lain atau kelompok.

Elemen-elemen proses
mempengaruhi:

a. orang yang mempengaruhi (0)
b. metode mempengaruhi (→)‏
c. orang yang dipengaruhi (p)‏

Jadi proses mempengaruhi : 0 →p

Proses
Mempengaruhi

Metode mempengaruhi
a.Kekuatan fisik
b.Penggunaan sanksi (positif/negatif)
c.Keahlian
d.Kharisma (daya tarik)

Daerah Pengaruh
Daerah pengaruh mencakup hubungan-
hubungan :
a. Antara perseorangan
b. Kelompok dengan seseorang
c. Seseorang dengan kelompok

Hubungan antara Kekuasaan dan Pengaruh

a. Analisis French-Raven
b. Analisis Etzioni
c. Analisis Nisbel

Proses Pengambilan Keputusan

Pengambilan keputusan
adalah pemilihan diantara
berbagai alternatif.

Konsep Pengambilan Keputusan

• Identifikasi dan diagnosis
masalah
• Pengumpulan dan analisis data
yang relevan
• Pengembangan & evaluasi
alternantif
• Pemilihan alternatif terbaik
• Implementasi keputusan &
evaluasi terhadap hasil - hasil


a. Tipe –Tipe Keputusan
Manajemen

• Keputusan-keputusan
perseorangan dan strategi
• Kepusan-keputusan pribadi &
strategi
• Keputusan-keputusan dasar &
rutin

a. Model-model Pengambilan Keputusan
• Relationalitas Keputusan
• Model- model perilaku pengambilan keputusan

b. Teknik Pengambilan Keputusan
• Teknik - teknik Kreatif:
Brainstorming & Synectics
• Teknik - teknik Partisipatif
• Teknik - teknik pengambilan
keputusan Modern : Teknik
Delphi, Teknik Kelompok Nominal

Proses mempengaruhi pengambilan keputusan dan komunikasi adalah proses-proses
manejerial karena secara nyata dilaksanakan oleh para manajer.Proses-proses ini juga merupakan
proses-proses organisasional karena lebih penting dari pada manajer individual dalam
pengaruhnya pada pencapaian tujuan–tujuan organisasi. Ketiga proses organisasi dan manejemen
ini merupakan bagian vital sistem organisasi formal dan mempunyai implikasi-implikasi sangat penting
terhadap perilaku organisasional.

2. Proses pengambilan keputusan
Pengambilan keputusan adalah serangkaian aktivitasyang dilakukan oleh seseorang dalam usahamemecahkan permasalahan yang sedang dihadapi,kemudian menetapkan salah satu alternatif yangdianggap paling rasional dan sesuai dengan sistem.Dalam suatu organisasi yang engambil keputusanadalah manajer. Kualitas keputusan yang diambil olehmanajer merupakan ukuran dari efektivitas mereka.Setiap keputusan adalah hasil proses yang dinamisyang dipengaruhi oleh kekuatan yang banyak sekali.Proses pengambilan keputusan merupakan aktivitasyan berurutan dan bukannya sebagai serangkaianlangkah. Kajian mengenai desain umum tentangproses pengambilan keputusan biasanya ditekankanpada keputusan yang tak terprogram.

Proses pengambilan keputusan yang dimaksudkan adalah :
1. Menetapkan tujuan dan sasaran khususdan mengukur hasilnya,
2. Identifikasi permasalahan
3. Mengembangkan alternatif
4. Mengevaluasi alternatif
5. Memilih alternatif
6. Melaksanakan keputusan serta
7. Pengendalian dan penimbangan

Referensi : http://www.scribd.com/doc/50642530/5/F-Proses-Organisasi,http://ocw.gunadarma.ac.id/course/computer-science-and-information/information-system-s1-1/teori-organisasi-umum-2-1/proses-organisasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman

About this blog

Tinggalkan comment anda
terimakasih

Mengenai Saya

Foto saya
my time has run out my time has gone I can not wait any longer because success can not be achieved with silence